Langsung ke konten utama

Siapakah Eva Ekeblad ?

Eva Ekeblad adalah seorang agronom, ilmuwan, salonis
(semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap saat bertukar ilmu dan pengalaman), dan sebagai bangsawan Swedia. Eva Ekeblad - lahir di Stockholm, 10 Juli 1724- meninggal dunia di Lidkoping, 15 Mei 1786 pada umur 61 tahun.  Ia dikenal menemukan teknik membuat tepung dan alkohol dari kentang pada tahun 1746. Ia wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748.
via wikipediadotcom

Eva De la Gardie Lahir dari negarawan Count Magnus Julius De la Gardie ( 1668 - 1741), salonis dan politikus amatir Hedwig Catharina Lilje. Pada tahun 1740, Eva menikahi riksrad Count Claes Claesson Ekeblad pada usia 16 tahun. Ia menjadi ibu dari tujuh anak, dengan satu putra dan enam putri. Diantara mereka adalah Claes Julius Ekeblad (1742 - 1808) dan Hedda Piper, salah dua bangsawan kelas atas di Swedia.

Setelah ia menikah, ayahnya memberi aset perkebunan di Kastil Mariedal dan Kastil Lindholmen di Vastergotland. Pasangannya juga dihadiahkan perumahan di manor (tanah milik bangsawan) Stola beserta lingungan perumahannya yang terletak di ibukota Stockholm.

Karena suaminya sering tidak terlibat dalam pekerjaannya sebagai pebisnis, Eva Ekeblad diberi tanggung jawab untuk mengurus tiga perkebunan. termasuk tugas untuk mengawasi petugas pengadilam dan memimpin paroki- paroki dari perkebunan. Ia digambarkan sebagai seorang yang tersohor dan tempramental dengan kekuasannya yang disanjungi. Ia adil terhadap kaum petani yang ia lindungin dari petugas pajak yang sering memungut sebuah imbalan atas hasil kaum petaani itu sendiri. Ia pun tida ragu untuk memperbaiki dan menghukum kesalahan kala ia berkonflik dengan pejabat setempat.

Ia juga memiliki peran utama dalam kalangan aristrokrat di lingkungannya, hingga berimbas pada lingkungan Stola yang terkenal karena ketertibannya.  Eva Ekeblad sering mengadakan pertemuan antarbangsawan (disebut salon) di rumahnya. Ia pun berteman baik dengna Louisa Ulrika dari Prusia.

Pada tahun 1746, Ekeblad menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena Ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol dari bahan kentang. Tanaman Kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tapi hanya sampai dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia. Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia dalam pembuatan roti.
Kentang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol, maka mengubah kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan masyarakat sampai saat ini.

Pada tahun 1748, Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Tidak ada catatan dia pernah ikut dalam pertemuan selama menjadi aggota dalam akademi tersebut. Pada tahun 1751, Akademi menunjuknya sebagai anggota kehormatan dan bukan anggota penuh, karena hanya yang berjenis kelamin laki- laki boleh menjadi anggota penuh pada Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Eva_Ekeblad
https://en.wikipedia.org/wiki/Salon_(gathering)