Langsung ke konten utama

7 Kutipan Memaknai Kehidupan Menurut Mahatma Gandhi

  Tokoh perjuangan kemerdekaan India dari jajahan inggris ini memiliki nama asli Mohandas Karamchand Gandhi. Nama 'Mahatma' sendiri adalah sebuah gelar yang diberikan untuk Gandhi yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'Jiwa Besar'. Gandhi juga termasuk seseorang yang mencanangkan gerakan anti kekerasan, lebih mengutamakan hak asasi pada setiap manusia dan kemerdekaan.

       Sumber Gambar 

   Sosok mulia Mahatma Gandhi sudah tersohor ke seluruh mancanegara. Kemuliaan hatinya dan segala macam kebaikannya menaruh andil penting dalam kemerdekaan bangsa India dan perdamaian dunia. Ajaran- ajaran budinya tidak lekang oleh zaman, da tumbuh subur berkembang di seluruh dunia melalui petuah- petuahnnya bahkan banyak dikutip dalam sekolah.

  Kali ini untuk mengenang jasa- jasa beserta pemikiran Gandhi, mari kita baca kutipan- kutipan Mahatma Gandhi. Dalam kutipan itu , kita mencoba mengenal dunia melalui kacamata Mahatma Gandhi dalam memaknai sebuah Kehidupan. Langsung saja scroll ke bawah. 

1.) Kebenaran harus dibarengi dengan cinta
       Sumber Gambar

    Menurut Gandhi," kebenaran tidak akan selalu berujung pada perdamaian. Kebenaran juga bisa mendatangkan musibah dan kekerasan. Menjadi hal yang lebih sempurna apabila kebenaran dijalankan berdasarkan cinta, maka tak akan ada lagi kekerasan."


2.) Memaafkan adalah kemampuan orang perkasa
       Sumber Gambar

    Sudah pasti, orang- orang lemah akan susah untuk memaafkan. Bahkan, nyaris tidak bisa. Hanya orang perkasa yang mampu memaafkan sesama. Perkasa dalam hal budi dan pikiran. Bukan soal otot dan kekuasaan.

3.) Manusia hanyalah produk

    Manusia hanyalah produk dari apa yang ia pikirkan. Apa pun yang ada di pikirannya akan menjadi hal yang nyata dalam bentuk dirinya sendiri. Kalau pikirannya positif, positif jugalah manusia tersebut. Begitu pun sebaliknya.

4.) Tujuh dosa sosial
       Sumber Gambar

   Gandhi juga memaparkan mengenai tujuh dosa sosial. Apabila orang memiliki dosa- dosa seperti di atas, mungkin hal itu pula yang bisa merusak sistem sosial dan menimbulkan perpecahan. Atau paling tidak, muncullah manusia- manusia tanpa karakter.

5.) Dengarkan apa kata hati
                                     Sumber Gambar

       Sering riuhnya suara yang ada di dunia dan kepala setiap individu kadang kita lupa dengan suara yang datangnya dari nurani , yaitu suara dari hati. Suara dari hati, dimana suara tersebut lebih jernih. Daripada suara udara pagi dan aliran sungai.

6.) Percuma pintar, kalau tidak berkarakter
       Sumber Gambar

     Karakterlah yang membangun manusia terlebih dahulu. Kecerdasan setelah itu akan ikut menyertainya. Bangun dulu karaktermu, barulah pelajari ilmu kemudian hari.

7.) Kebebasan tiap individu itu penting
                                        Sumber Gambar

      Kebebasan memang menjadi jalan utama. Bahkan menjadi cita- cita setiap orang sejak dahulu kala. Tidak ada seorang pun yang dengan senang hati menjadi budak penguasa. Semua ingin merdeka, tanpa menodai norma tentunya.

Semoga kutipan- kutipan di atas menjadi refleksi atas pandangan hidup sang maestro Mahatma Gandhi. Segala petuah bijaknya memang datang dari nuranimu. Tanpa ada campur tangan siapa pun.

 Salam inspirasi! 



Referensi dari :

Kencana, Atik. 2017. Memaknai Kehidupan Melalui Kacamata Mahatma Gandhi, yuk simak Kutipannya!. [Blog Online: YuKepo]. Diakses online pada tanggal 14 Agustus 2017